Promo Indonesia Promo Member Alfamart Minimarket Lokal Terbaik Indonesia 68 – Berencana untuk menyelam atau snorkeling selama liburan Anda di Sulawesi Utara? Jauhkan mata tajam keluar untuk binatang yang tidak biasa, karena terumbu spektakuler beragam Taman Nasional Bunaken, Selat Lembeh dan Bangka / Talise Nusantara terus menghasilkan spesies baru secara teratur! Meskipun Anda mungkin berpikir hari-hari penemuan biologis memudar setelah Charles Darwin dan Alfred Russel Wallace, lima tahun terakhir telah melihat sejumlah penemuan baru dari terumbu Sulawesi Utara – mulai dari ikan 2m panjang kuno untuk kuda laut kerdil kecil.

Mungkin penemuan paling terkenal dari Sulawesi Utara pada masa lalu adalah Coelacanth Manado, Latimeria menadoensis, pada tahun 1998 (lihat Flora & Fauna halaman ). Ini penghuni kuno dari dalam dianggap telah punah 79 juta tahun yang lalu, dan menjadi berita utama di seluruh dunia ketika sebuah spesimen hidup ditemukan di Afrika Selatan pada 1938. Selama 60 tahun, ikan dengan sirip lobed (dianggap pendahulu evolusi untuk hewan darat fourlegged) dikenal hanya dari Samudera Hindia Barat. Penemuan spesies baru Coelacanth dari Pulau Manado Tua di TN Bunaken – lebih dari 10.000 km dari penduduk terdekat dikenal sebelumnya di Kepulauan Comoros – mengejutkan dunia ilmiah dan kembali menjadi berita utama di majalah, koran dan dokumenter televisi di lebih dari 40 negara . Meskipun Anda tidak akan dapat berenang dengan ikan raja laut Manado tanpa menggunakan peralatan menyelam teknis (mereka hidup di bawah kedalaman 100m di gua-gua vulkanik), hanya mengetahui hewan-hewan purba yang berburu pada terumbu yang sama Anda menikmati menambahkan sensasi dari misterius.

Hippocampus Pontohi
Di ujung lain dari spektrum ukuran ikan, dua spesies baru dari kuda laut kerdil baru-baru ini ditemukan di Selat Lembeh dan Bunaken. Meskipun Anda mungkin akrab dengan bargibanti Hippocampus terus-menerus dicari, merah atau merah muda yang tinggal di Muricella seafans, hanya tahun ini lebih kecil, spesies jeruk tipis, Hippocampus denise Lourie dan Randall tahun 2003, dinamai Denise Tackett – seorang fotografer profesional dengan base lama di Kungkungan Bay Resort di Selat Lembeh. H. denis e adalah dilaporkan jauh lebih aktif dari H. bargibanti, dan ditemukan pada berbagai seafans kuning dan oranye yang berbeda. Sebuah spesies kuda laut kerdil tambahan ditemukan oleh karena itu Pontoh (panduan menyelam dari Divers Froggies) di Pulau Bunaken saat ini sedang dijelaskan juga. Jenis ini juga lebih kecil, lebih tipis dan lebih aktif daripada H. bargibanti, telah terlihat dalam berbagai warna (putih, hijau, dan kuning), dan ditemukan terutama pada hidroid dan bryozoa.

Tetapi ikan bukan spesies baru hanya digambarkan dari Sulawesi Utara. Dalam tiga tahun terakhir, dua spesies udang mantis besar kuning dan oranye, Lysiosquillina lisa Ahyong dan Randall 2001 dan Lysiosquilloides Mapia Erdmann dan Boyer 2003, telah dijelaskan dari Selat Lembeh dan Bunaken. Dua spesies baru udang mantis tambahan dari Sulawesi Utara saat ini sedang dijelaskan juga, termasuk belalang pertama yang diketahui spons yang tinggal. Adapun cumi, perairan Sulawesi Utara kaya akan spesies baru dan undescribed – termasuk wellknown (tapi masih belum terdeskripsikan) meniru gurita dan “wonderpus”, serta apa yang disebut “blandopus”. Para ilmuwan yang bekerja dengan pusat-pusat penyelaman di daerah tersebut untuk benar menggambarkan spesies ini dalam waktu dekat. Bahkan karang kejutan pelabuhan Bunaken – pada tahun 1997, spesies baru dari tabel karang, Acropora batunai Wallace 1997, dinamai salah satu bapak Manado menyelam dan pendiri Murex Dive Resort, Dr Hanny Batuna.

Sementara banyak dari spesies baru juga telah ditemukan di tempat lain dalam “Coral Triangle” yang terdiri dari Indonesia, Papua Nugini dan Filipina, banyak yang pertama difoto di daerah kami – penghargaan untuk posisi Sulawesi Utara di Pusat Keanekaragaman Hayati Laut.

Bahkan mereka yang tidak menyelam harus tetap waspada untuk spesies baru – penemuan coelacanth adalah produk dari berjalan-jalan pagi melalui pasar ikan Manado (darmawisata sisi sangat dianjurkan bagi mereka yang suka ikan dan banyak tindakan – tapi sampai di sana sebelum 7 : 30am atau setelah 16:30 untuk kedua seleksi ikan terbaik dan aksi jual serta pencahayaan yang terbaik untuk gambar dan video). Selamat berburu!

Juni 2003

Dr MV Erdmann
Daerah Perlindungan Laut Advisor,
NRM III Sulawesi Utara

Foto: Hansjörg Berger

Sumber:
“Apa yang Terjadi?”
Manado Safari Tours Newsletter

Sperma ikan paus Ketika mereka mendeteksi kehadiran saya, paus paling dekat dengan saya mengeluarkan awan besar tinta hitam kotoran cair. Semua 3 paus menyelam ke bawah, dan momentum ke depan saya pada akhirnya mendorong saya tepat ke … diare paus!

Aku kelelahan setelah beberapa seperti “Olympian kaliber” berenang. Pada akhirnya, saya memutuskan untuk menyampaikan masker dan snorkel untuk penyelam lain di perahu yang, sangat ingin masuk ke air juga, tapi meninggalkan snorkeling di ruang resor. Dia masuk dengan gigi saya dan berenang sangat dekat dengan trio lain, melihat 1 satu menukik ke bawah, ia kembali ke permukaan sambil berteriak gembira ke perahu. Angin bertambah kencang, dan membengkak permukaan yang semakin tinggi, dia tidak dapat tempat renang paus 2nd melewati dia dan ke-3 datang langsung ke arahnya dan “menampar” bawah ekornya pada dirinya. Kata aduh! Oh well, hampir … itu terjawab!

Dua hari kemudian, saya mendapat dekat dengan orang dewasa dengan mudah lebih dari 40 meter. Entah bagaimana, hal itu tidak terlihat cukup sebagai besar ketika saya pengambilan sirip ke arah itu frontal dengan 15mm jendela bidik saya Nikonos V terpaku pada wajahku. Barulah ketika saya merasa Noldy tiba-tiba menarik saya ke belakang aku meletakkan kamera. Paus itu datang ke arahku, berbalik, dan kemudian berenang menjauh, saya kemudian menyadari seberapa besar rakasa individu ini adalah. Noldy masih menarikku mundur, seolah takut hal ini akan membahayakan saya ketika paus itu sebenarnya sudah lama berlalu. Kami kaget saat kita melanggar kedua permukaan, kemudian pecah menjadi tawa konyol, karena kami benar-benar tidak tahu bagaimana kita harus bereaksi terhadap pertemuan ini.

Hari berikutnya, kami menemukan paus lebih jauh keluar ke laut lepas. Kecuali bahwa pada hari ini hanya ada sekitar betis, kebanyakan hanya sedikit di atas 10 kaki masing-masing. Mereka ingin tahu akan menempatkan kepala mereka di atas permukaan untuk memiliki pandangan yang lebih baik dari perahu, tapi masih akan menyelam ke bawah saat aku terdeteksi di dalam air. Tidak mampu menyelam terlalu dalam, mereka kadang-kadang berenang terbalik sekitar 20/30 kaki di bawah saya, akan pergi hanya ketika saya mencoba untuk lebih dekat, tampaknya berusaha untuk melihat saya lebih baik untuk mencari saya keluar.

Hari berikutnya dan seterusnya, kami tidak dapat menemukan ikan paus lagi. Selama berhari-hari, kami mencari beberapa daerah tetapi ada hanya ada penampakan lagi. Aku kembali ke menyelam, tetapi merasa sangat sulit untuk berkonsentrasi pada menembak lagi macro. Tidak bisa menyalahkan saya, itu hanya mungkin untuk melihat apa pun kecil ketika Anda masih memiliki orang-paus raksasa berenang dengan jelas dalam pikiran Anda!

Juli 2003

William Tan
Co-penulis Diam Symphony

Seorang pemain biola oleh profesi dengan Singapore Symphony Orchestra, mimpi William adalah untuk membagikan kasih yang murni bagi kehidupan laut dengan orang lain. William percaya bahwa pengetahuan budidaya dan pemahaman kehidupan laut adalah kunci untuk jangka panjang kepedulian dan pelestarian warisan laut kita yang kaya.

Jika Anda pernah diperlukan persuasi lebih untuk menyelam di Bunaken dan Lembeh, kemudian membaca surat berikut ditulis oleh seorang pengunjung sangat sering ke Manado. Ini adalah orang yang menemukan kelezatan kali ini surga bawah laut dan waktu lagi, dan tidak pernah berhenti untuk terpesona …

Dear All,

Saya baru saja kembali dari kunjungan panjang lagi ke Manado.

Menyelam yang fantastis ketika saya pertama tiba pada 7 Juni. Langit cerah, laut datar dan visibilitas yang besar, kecuali air yang sangat dingin di hanya 23/24 derajat Celcius pada hari tertentu (saya mengenakan shortie bawah setelan penuh 5mm, dan aku masih beku!), Tetapi ini kondisi sempurna berubah pada hari aku memutuskan untuk beralih ke lensa wide-angle … hukum Murphy! Saya suka air hangat, tapi tidak bisa melupakan seberapa buruk vis telah menjadi di beberapa situs.

Kami melihat sesuatu yang aneh dalam lubang belalang. Mereka adalah jenis putih dan mengembang, meringkuk bersama-sama, dan akan menarik kembali ketika Anda menunjuk obor Anda pada mereka. Saya yakin mereka berasal dari filum Mollusca, tetapi tidak tahu persis di mana untuk menempatkan mereka … Siput? Mereka tidak memiliki cangkang keras. Nudis? Mereka tidak memiliki insang terlihat kecuali ini tersembunyi di bawah tubuh kantung-seperti lembut dan halus …

Kami tidak menemukan nudi agak jarang dari keluarga Oxynoe. Oxynoe memiliki cangkang gelembung berbentuk unik yang sebagian tertutup oleh flaps parapodial. Spesimen ini khusus kami menemukan telah kehilangan kaki panjang yang berotot. Ini “pecah” ekor (seperti cecak umum itu) dipercaya untuk menarik perhatian musuh nudis kecil ‘untuk suatu ketika ekor wriggles diri dengan penuh semangat setelah putus, memberikan waktu nudi untuk melarikan diri.

Para pemandu selam lokal menunjukkan beberapa dari kuda laut kerdil yang baru ditemukan, pontohi Hippocampus. Biasanya berwarna putih, saya juga melihat seorang laki-laki hamil yang berwarna kuning kehijauan. Para Divemasters memberitahu saya bahwa mereka telah melihat kuda laut kecil dalam warna putih, hijau, kuning, coklat, dan terakhir menemukan, PURPLE!

Sepasang memicu badut jahat menjaga massa telur mereka ditemukan di saluran pasir antara Fukui dan Mandolin. Masuk ke fokus pada pemicu satu kamera badut yang akan bertanggung jawab terhadap Anda setiap kali Anda mendekati massa telur satu hal, itu lebih merusak saraf mengetahui ada lagi memicu badut berputar-putar di sekitar Anda dengan kecepatan tinggi ketika Anda memiliki mata Anda terpaku pada kamera bidik …!

Bagi mereka yang memiliki kemauan untuk bangun jam 3 pagi di pagi hari untuk melakukan perjalanan perahu 2-jam untuk menyelam Batu Kapal, martil berlimpah! Kami berada di 120 meter dan saya melihat 3, masing-masing sekitar 12 meter. Tapi DMS yang lebih dalam (ada termoklin dan saya menolak untuk memasuki air yang lebih dalam yang benar-benar DINGIN!) Mengatakan kepada saya mereka melihat seluruh sekolah dari mereka! Satu kelompok beruntung benar-benar beruntung … Hiu-hiu martil biasa PLUS 3 manta!

Perjalanan ke Manado Tua, kami melihat sesuatu mengambang besar di dekat permukaan cermin datar. Sebagai perahu pergi lebih dekat, saya sudah meraih kantong kering saya meraih kamera tanah saya. Duyung! Seorang ibu dan betis nya! Terhadap cahaya pagi, pasangan mengangkat moncong mereka di atas permukaan air (dalam pikiranku, aku berpikir “yang membuat gambar indah!”), Keduanya menarik napas panjang (kita bisa mendengar mereka), dan kemudian mereka menyelam ke dalam biru jurang. Kantong kering Damned, tunggu saja sampai aku pisau saya untuk memotong Anda terbuka …!

Saya dipinjamkan kamera saya ke 5 baru “siswa” perjalanan ini. Satu mengatakan kepada saya melalui telepon bahwa kecilnya badut frogfish slide ternyata benar-benar indah. Lain mengatakan kepada saya dia menggunakan laboratorium foto telah memintanya untuk beberapa hasil cetak untuk tujuan tampilan jendela. Jeff, di salah satu menyelam saat ini berbahaya kuat di Alung Manua, telah berhasil menangkap dua frame indah dua Anthias perempuan berkelahi dengan mulut mereka terkunci! Saat itu benar-benar kuat pada menyelam itu dan kami melihat potongan besar karang datang runtuh dinding dari rataan terumbu saat kami sedang ditarik ke bawah dan juga jauh dari dinding … Noldy DM saya khawatir tentang saya, saya khawatir tentang Jeff (dia memiliki salah satu kamera saya …!), dan Jeff khawatir ia mungkin tidak mendapatkan gambar-gambarnya! (Saya diberitahu setelah menyelam penyelam yang telah meninggal bertahun-tahun ada banyak kembali ketika setelah muncul ke permukaan dan mencoba untuk mendapatkan ke perahu, ia diseret turun lagi oleh arus bawah tiba-tiba yang kuat … Dia tenggelam.)

Memiliki paus sperma ditemui sebentar di Manado dua tahun lalu, saya menghabiskan banyak waktu saya musim panas lalu di Manado mencari mereka tetapi tidak berhasil. Ini bulan April / Mei, beberapa teman menemukan bahwa raksasa perkasa telah membuat penampilan mereka di Manado lagi dan banyak fotografer cepat “berbondong-bondong” cemas sana. Hanya beberapa cukup beruntung untuk melihat sekilas dari mereka! Oleh karena itu, selama perjalanan ini, ketika para nelayan setempat mengatakan kepada saya bahwa mereka melihat paus ini secara teratur (termasuk laporan mengenai penampakan langka 3 Orcas), aku memutuskan untuk berhenti menyelam dan mencurahkan seluruh waktu saya di Manado mencari mereka . Ada banyak mengecewakan tidak-paus-tapi-terlalu-banyak-lumba hari. Ketika akhirnya saya juga telah putus asa, kita memukul emas!

Itu sudah sangat sore, kami memutuskan untuk menyebutnya sehari dan perahu itu sudah menuju kembali ketika kita melihat mereka. Ada dua, dan kemudian ada tiga, dan kemudian ada MEREKA, paus sperma mana-mana! Laut benar-benar berombak, dan paus membentuk paket yang sangat longgar, 2 atau 3 bersama-sama dan semua beberapa kilometer terpisah antara kelompok. Aku masuk ke air dan bersirip dengan sekuat tenaga saya. Paus Tidak! Ketika saya akhirnya menaruh kepalaku di atas air, saya mendengar teriakan dari kapal mengatakan bahwa saya tentunya … Benar saja, saat ini telah mendorong saya jalan dari arah saya berniat untuk pergi. Saya mendapat bantalan yang tepat dan bersirip seperti saya tidak pernah sebelum bersirip lagi. Kali ini, saya berhasil melihat 3 orang dewasa muda (sekitar 20 + kaki) di kejauhan.